RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Tuesday, June 18, 2013

Piala Eropa U-21 - Kalahkan Italia 4-2, Spanyol Juara

Piala Eropa U-21 - Kalahkan Italia 4-2, Spanyol Juara

Piala Eropa U-21 - Kalahkan Italia 4-2, Spanyol Juara

Jerusalem, - Spanyol berhasil mempertahankan gelar juara Piala Eropa U-21. Dalam laga final menghadapi Italia, La Rojita memetik kemenangan dengan skor 4-2, di mana tiga gol di antaranya dibuat Thiago Alcantara.

Dalam pertandingan yang digelar di Teddy Stadium, Jerusalem, Rabu (19/6/2013) dinihari WIB, Spanyol sudah unggul 3-1 di babak pertama. Thiago memborong ketiga gol tersebut masing-masing di menit 6, 32 dan 38. Sementara gol balasan Italia dilesakkan Ciro Immobile pada menit 10.

Di babak kedua baik Italia dan Spanyol berhasil menambah satu gol. Eksekusi penalti Isco (65) sempat membuat Spanyol unggul 4-1, sebelum Fabio Borini (80) memperkecil ketinggalan Azzurrini.

Kemenangan 4-2 memastikan Spanyol jadi juara Piala Eropa U-21 edisi tahun 2013 ini. Mereka pun mempertahankan sukses serupa yang diraih tahun dua tahun lalu, di mana ketika itu mereka menundukkan Swiss dengan 2-0 di final.

Hebatnya lagi Spanyol menjadi juara tanpa sekalipun terkalahkan: meraih hasil sempurna di fase grup dan mengandaskan Norwegia di semifinal. Selain itu sepanjang turnamen gawang David De Gea juga cuma kebobolan dua kali.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan enam menit saat Spanyol sudah membuka keunggulan. Berawal dari Alvaro Morata yang mendapat umpan dari Isco, dia kemudian melepas crossing ke arah tiang jauh. Berdiri tanpa kawalan, tandukan Thiago menjebol gawang Italia dan mengubah kedudukan jadi 1-0.

Italia langsung bereaksi atas gol tersebut karena empat menit berselang mereka berhasil menyamakan kedudukan. Berhasil menguasai bola hasil umpan panjang dari tengah lapangan, Ciro Immobile dengan tenang mencungkil bola melewati David De Gea saat dalam posisi satu lawan satu. Gol tersebut menjadi gol pertama yang bersarang di gawang Spanyol sepanjang gelaran Piala Eropa U-21.

Spanyol kemudian punya dua kesempatan bikin gol di menit 16 dan 19. Peluang pertama tercipta saat Thiago melepas umpan terobosan dan disambut Morata dengan tendangan namun masih bisa dihalau kiper Luca Caldirola dengan kakinya. Sementara dari skenario tendangan bebas, kemelut yang tercipta di dalam kotak penalti juga gagal dituntaskan jadi gol oleh Koke.

Di menit 31 Spanyol akhirnya benar-benar bisa kembali unggul, kali ini kembali melalui Thiago. Mendapat umpan lambung dari Koke, Thiago bisa mengendalikan bola dengan dadanya di tengah jepitan dua bek Italia. Dari momen itu dia melepaskan tendangan yang tak sampai dihalau kiper Bardi. Thiago dua gol, Spanyol memimpin 2-1.

Penalti untuk Spanyol! Wasit menunjuk titik putih di kotak penalti Italia menyusul pelanggaran yang dilakukan Giulio Donati terhadap Tello.

Maju sebagai eksekutor, Thiago menuntaskan tugasnya dengan sempurna saat tendangannya ke arah tengah gagal dibaca kiper. Hat-trick untuk Thiago dan keunggulan 3-1 untuk Spanyol.

Di awal babak kedua Italia lebih dulu punya kesempatan bikin gol. Mendapat bola liar yang membentur kepala Immobile, Florenzi gagal bereaksi dengan cepat karena tembakan yang dia lepaskan dari jarak sekiatr 12 meter melayang tinggi.

Semenit berselang gantian Spanyol punya kans menambah keunggulan. Menyerang dari sisi kanan, Tello dengan sabar menunggu Isco masuk dan menciptakan ruang di kotak penalti. Namun tendangan melengkung yang dia lepaskan melebar dari sasaran.

Memasuki menit 65 Spanyol kembali dapat penalti. Kali ini bukan Thiago yang jadi eksekutor, tugas tersebut diemban Isco. Sepakan Isco ke arah kanan salah dibaca oleh kiper Bardi. Skor pun berubah menjadi 4-1 untuk Spanyol.

Sepuluh menit sebelum pertandingan tuntas Italia berhasil kemnbali memperkecil ketinggalan. Menjalin kerjasama dengan Lorenzo Insigne, tendangan keras Borini menjebol gawang Spanyol untuk kali kedua.

Hingga empat menit periode tambahan waktu berakhir, tak ada gol tambahan berhasil dilesakkan kedua tim. Skor akhir laga adalah 4-2 untuk keunggulan Spanyol.

Susunan Pemain

Italia: Francesco Bardi, Giulio Donati, Luca Caldirola, Matteo Bianchetti, Vasco Regini, Marco Verratti ('76 Marco Crimi), Alessandro Florenzi ('58 Riccardo Saponara), Fausto Rossini, Ciro Immobile ('56 Gabbiadini), Lorenzo Insigne, Fabio Borini

Spanyol: David De Gea, Martin Montoya, Marc Bartra, Berridi Inigo Martinez, Hector Moreno, Asier Illarramendi, Koke ('86 Nacho Barnola Camacho),Thiago, Cristian Tello ('70 Iker Muniain), Alvaro Morata ('80 Rodrigo), Isco
(dtc/din) Sumber: detiksport


Sekian: Piala Eropa U-21 - Kalahkan Italia 4-2, Spanyol Juara
Salam Hangat Beritasepakboladunia88.blogspot.com By Ardi

No comments:

Post a Comment