RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Monday, September 17, 2012

Bernabeu Hadirkan Duel Perdana Madrid vs City

Bernabeu Hadirkan Duel Perdana Madrid vs City


Jakarta - Tengah pekan ini Stadion Santiago Bernabeu akan menyajikan laga Real Madrid kontra Manchester City di matchday I Liga Champions. Ini sekaligus menjadi duel perdana antara si jawara Spanyol dengan sang kampiun Inggris.

Di Liga Champions musim ini, Madrid dan City berada di grup yang dinilai paling keras karena juga dihuni Borussia Dortmund, juara Bundesliga, dan Ajax, kampiun Eredivisie. Dengan fakta tersebut maka setiap laga pun otomatis menjadi penting. Signifikansi itulah yang akan mengiringi duel Madrid kontra City, Rabu (19/9) dinihari WIB.

Kendatipun akan menjadi pertemuan pertama antara Madrid dengan City, sejumlah sosok yang terlibat di dalam pertandingan tersebut sebenarnya sudah tidak terlalu asing lagi satu sama lain. Antara Jose Mourinho dengan Roberto Mancini, misalnya.

Berikut data dan fakta seputar duel tersebut, seperti diwartakan situs resmi UEFA.

- Di Liga Champions musim lalu, Madrid sempat memenangi enam laga kandangnya secara beruntun seraya mengemas 24 gol. Madrid memiliki rekor kandang 5 kali menang, 4 kali imbang, dan 2 kali kalah saat melawan klub Inggris, termasuk kemenangan 4-0 atas Tottenham Hotspur di perempafinal 2010-11.

- Dari keikutsertaannya di ajang Eropa musim lalu, Liga Champions lalu turun ke Liga Europa, City mencatatkan tiga kekalahan dari total lima laga tandang yang dilakoni. Namun, salah satu kemenangan tandang itu dicatatkan City di markas Villarreal, yang mana menjadi kemenangan pertama The Citizens di tanah Spanyol dalam empat lawatan.

- Pada tahun 2008 Jose Mourinho, entrenador Madrid saat ini, menggantikan Roberto Mancini, kini manajer City, untuk menjadi allenatore Inter Milan. Sebagai peracik taktik, keduanya pernah berhadapan ketika FC Porto yang ditangani Mourinho mengalahkan Lazio besutan Mancini di semifinal Piala UEFA 2002-03.

- Saat memanajeri Chelsea kekalahan pertama untuk Mourinho diberikan oleh City, 0-1 pada Oktober 2004.

- Mourinho punya rekor bagus atas klub-klub Inggris di Liga Champions. Dimulai dari kemenangan agregat 3-2 untuk Porto atas Manchester United di babak 16 besar musim 2003-04. Pada musim 2008-09, Inter yang ia tangani memang kalah agregat 0-2 dari MU di babak yang sama tapi semusim setelah itu mampu menang agregat 3-1 atas Chelsea. Lalu pada musim 2010-11 bersama Madrid, Mourinho menggasak Tottenham 5-0 di perempatfinal.

- Inter di tangan Mancini pernah disingkirkan klub Spanyol, Villarreal, di perempafinal Liga Champions 2005-06.

- Saat masih membela MU, Cristiano Ronaldo sudah tampil dalam 11 laga derby lawan City dengan catatan 7 kemenangan dan 3 kekalahan. Ia juga mengemas 4 gol dan mengoleksi dua kartu merah.

- Alvaro Arbeloa, Xabi Alonso (saat masih membela Liverpool), Ricardo Carvalho, Michael Essien (saat masih bermain untuk Chelsea) dan Luka Modric (saat masih di Tottenham) juga pernah menghadapi City di Liga Primer.

- Modric menjadi bagian dari skuat Tottenham yang menang 1-0 di markas City pada bulan Mei 2010 untuk meraih tiket lolos ke Liga Champions.

- Ketika masih membela Liverpool, Arbeloa pernah bikin gol bunuh diri yang membuat City bisa meraih hasil seri 1-1 pada sebuah laga di Februari 2009.

- Essien mencetak gol pembuka untuk Chelsea dalam kemenangan 6-0 atas City pada laga Oktober 2007. Satu musim setelah itu ia menjadi pencetak gol tunggal saat Chelsea kembali mengalahkan City di Stamford Bridge.

- Javi Garcia memulai kariernya di Madrid dan membuat 18 penampilan di liga sebelum bergabung dengan Benfica pada 2009.

- Scott Sinclair mencatatkan empat penampilan untuk Chelsea saat ditangani Mourinho sedangkan Maicon menjadi bagian dari skuat Mourinho di Inter ketika meraih trofi Liga Champions tahun 2010.

- Saat masih membela Atletico Madrid, Sergio Aguero tak pernah bisa meraih kemenangan di laga derby lawan Madrid kendatipun mampu bikin tiga gol. Aguero mencatat 8 kekalahan dalam 11 laga kontra Madrid.

- Semasa berseragam Barcelona, Yaya Toure pernah lima kali berhadapan dengan Madrid dan meraih 3 kemenangan dan 2 kekalahan.

- David Silva (saat masih bermain untuk RC Celta de Vigo dan Valencia CF) dan Pablo Zabaleta (semasa di RCD Espanyol) juga pernah berhadapan dengan Madrid.

- Karim Benzema akan kembali berhadapan dengan Joe Hart, Joleon Lescott, dan James Milner menyusul hasil 1-1 antara Prancis dengan Inggris di Euro 2012.

- Mario Balotelli akan kembali berhadapan dengan Iker Casillas, Sergio Ramos, Xabi Alonso, dan Arbeloa menyusul pertemuan Italia dengan Spanyol di Euro 2012. Sumber: detiksport .

@BeritaSepakBolaDunia88. Salam Blogger Indonesia :)

No comments:

Post a Comment