RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Wednesday, May 30, 2012

Polandia-Ukraina Tepis Tudingan Seputar Rasisme

Polandia-Ukraina Tepis Tudingan Seputar Rasisme

Beritasepakboladunia88.blogspot.com Jakarta - Tuan rumah bersama Piala Eropa 2012, Polandia dan Ukraina, menepis kerisauan mengenai potensi aksi rasisme di negara itu. Hal tersebut terlontar pasca munculnya peringatan dari mantan pemain timnas Inggris, Sol Campbell.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, sebagaimana diberitakan sebelumya, Campbell mewanti-wanti agar suporter Inggris tidak usah mendatangi gelaran Euro musim panas ini karena adanya ancaman besar sehubungan dengan aksi rasisme.

BBC kemudian juga melengkapi wawancara tersebut dengan sebuah tayangan dokumenter bertajuk "Euro 2012: Stadion Kebencian", yang memperlihatkan sejumlah suporter di Polandia dan Ukraina memberikan salam ala Nazi dan mengejek para pemain kulit hitam.

Pelajar asal Asia kemudian juga diperlihatkan mendapat serangan fisik saat tengah menyaksikan sebuah pertandingan di Stadion Metalis di Kharkiv, Ukraina, yang juga menjadi salah satu venue Euro 2012.

Komentar Campbell dan tayangan tersebut langsung menuai reaksi dari Polandia dan Ukraina. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleh Voloshyn menyebut tayangan tersebut tidak adil.

"Ukraina adalah salah satu pemimpin di Eropa dalam hal toleransi keyakinan dan rasial. Simbon Nazi bahkan dapat dilihat... dalam pertandingan di Inggris, tapi apa itu berarti fans tak usah datang ke London untuk Olimpiade?" cetusnya di CBC Sports.

Markian Lubkivsky selaku direktur UEFA untuk Euro 2012 di Ukraina juga memberikan jaminan keamanan untuk para suporter yang akan datang ke Ukraina.

"Dari sudut pandang UEFA, saya tak melihat adanya ancaman untuk orang dari berbagai kewarganegaraan untuk tinggal di Ukraina," katanya kepada Interfax.

Polandia pun tidak kalah keberatan dengan tayangan dan komentar Campbell tersebut. Mikolaj Piotrowski, juru bicara pemerintahan yang menjadi penyelenggara Euro justru menegaskan bahwa Polandia sama sekali tidak menoleransi rasisme dan xenophobia (rasa benci terhadap orang asing atau sesuatu yang berbau asing--red). Ia pun mengundang Campbell untuk datang langsung ke Polandia untuk merasakan atmosfer di sana.

"Dear Sol, silakan datang, anggaplah rumahmu sendiri; ke Polandia, di Piala Eropa 2012. Kenalilah kami sebagaimana kami sebenarnya," tutur Piotrowski.
(dtc/krs) Sumber: detiksport 

No comments:

Post a Comment