RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Thursday, May 24, 2012

'Muamba Bisa Kembali Bermain'

'Muamba Bisa Kembali Bermain'

London - Kabar baik untuk Fabrice Muamba. Meski sempat terserang cardiact arrest, pemain Bolton Wanderers ini masih bisa kembali melanjutkan kariernya bermain sepakbola.

Setelah meninggalkan rumah sakit beberapa waktu lalu, Muamba kini sedang dalam masa penyembuhan penyakitnya tersebut. Namun, belum bisa ditentukan apakah dia bisa kembali bermain atau tidak.

Kepala Medis FIFA, Jiri Dvorak, mengatakan bahwa kemungkinan penyebab terjadinya cardiac arrest pada Muamba yang disebut aritmia (gangguan irama jantung) bisa dikontrol dan itu memungkinan dia untuk melanjutkan kariernya kembali.

Dvorak mengambil contoh pada Craigh Hulse, seorang pemain Amerika yang sudah lebih tampil di 100 laga sejak terserang cardiac arrest tiga tahun yang lalu. Hulse menceritakan pengalamannya itu dalam konferensi medis FIFA di Budapes, Hungaria.

"Saya pikir ini sesuatu yang ahli kardiologi harus putuskan tapi jika yang mendasari penyakit itu adalah aritmia maka secara teori kemungkinannya ada," ucap Dvorak di Sky Sports.

"Dia telah memakai defribillator (alat yang menggunakan impuls listrik kecil untuk 'mengejutkan' jantung agar kembali ke denyut yang normal), maka ya dia bisa kembali."

Meski begitu, dokter Bolton Jonathan Tobin, yang turut membantu menyelamatkan nyawa Muamba usai kolaps di dalam pertandingan, mengatakan masa depan si pemain belum bisa diputuskan.

"Masih terlalu awal untuk menggelar diskusi ini karena akan diputuskan Fabrice dan para ahli jantung di London," ucap Tobin.
(dtc/rin) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment