RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Monday, June 18, 2012

Robben: Kegagalan Belanda Kesalahan Bersama

Robben: Kegagalan Belanda Kesalahan Bersama 

Krakow - Arjen Robben mengakui bahwa ada masalah internal di tubuh timnas Belanda yang membuat mereka gagal total di Piala Eropa 2012. Namun, kegagalan De Oranje itu bukan kesalahan salah satu individu saja.

Belanda sebenarnya datang ke Piala Eropa dengan status kandidat kuat juara. Dengan skuad yang berisi pemain-pemain kelas wahid, mereka dijagokan bisa berebut trofi dengan tim favorit lain seperti Jerman dan Spanyol.

Namun, prediksi itu ternyata cuma di atas kertas saja. Di atas lapangan, Belanda meraih hasil yang bukan cuma buruk, tapi juga mengenaskan. Tim asuhan Bert van Marwijk ini tak bisa meraih sebiji poin pun karena kalah dari Denmark, Jerman, dan Portugal. Mereka pun menempati urutan terbawah klasemen akhir Grup B, sementara tiket perempatfinal melayang ke tangan Jerman dan Portugal.

Beberapa spekulasi muncul soal apa sebab kegagalan Belanda di turnamen kali ini, antara lain soal hubungan antarpemain yang kurang harmonis. Saat hal ini ditanyakan ke Robben, dia menjawab demikian.

"Tentu saja ada beberapa masalah internal, namun kami akan tetap merahasiakannya. Namun, percayalah bahwa kami sudah mencoba segalanya, tapi tak sukses," jelasnya kepada Voetbal International.

Robben menegaskan, tak ada satu nama yang perlu dikambinghitamkan atas kegagalan Belanda ini. Menurutnya, seluruh elemen tim punya andil di balik hasil jeblok yang mereka dapat.

"Kami gagal bersama. Maksud saya staf teknis, para pemain, keseluruhan tim," ujar dia.

"Ini adalah kenyataan pahit dari dunia olahraga. Oleh karena itu, kami semua harus becermin," pungkas winger Bayern Munich ini.
(dtc/mfi) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment