RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Monday, June 18, 2012

Portugal Memang Superior atas Belanda

Portugal Memang Superior atas Belanda 

Kharkiv - Kemenangan Portugal atas Belanda di Piala Eropa 2012 sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Kalau melihat rekor pertemuan kedua tim, A Seleccao das Quinas memang unggul jauh atas Oranje.

Sebelum Piala Eropa tahun ini, Portugal dan Belanda sudah bertemu 10 kali. Dalam 10 pertemuan itu, Belanda cuma menang sekali.

Satu-satunya kemenangan Belanda itu pun terjadi sudah sangat lama, yakni di babak kualifikasi Piala Eropa 1992, pada Oktober 1991. Saat itu, Belanda yang masih diperkuat Marco van Basten, Frank Rijkaard, dan Ronald Koeman menang 1-0 berkat gol Richard Witschge.

Di sembilan laga lainnya, Portugal menang enam kali dan tiga laga lainnya berakhir seri. Dua kemenangan terakhir mereka (sebelum Piala Eropa 2012) didapat di Piala Eropa 2004 dan Piala Dunia 2006.

Di Piala Eropa 2004, di mana Portugal berstatus tuan rumah, mereka unggul dengan skor 2-1. Tim besutan Luiz Felipe Scolari itu unggul berkat gol Cristiano Ronaldo dan Maniche, sementara Belanda yang dilatih Dick Advocaat cuma membalas lewat gol bunuh diri Jorge Andrade.

Dua tahun kemudian di Jerman, Portugal menang lagi. Dalam laga panas yang diwarnai 16 kartu kuning dan empat kartu merah, mereka unggul berkat gol semata wayang Maniche.

Dan di pertemuan ke-11 yang digelar di Metalist Stadium, Senin (18/6/2012) dinihari WIB, Belanda sekali lagi harus mengakui kehebatan Portugal. Kendati sempat unggul lebih dulu lewat Rafael van der Vaart, mereka akhirnya keok setelah Portugal membalas melalui dua gol kaptennya, Cristiano Ronaldo.

Hasil terakhir itu membuat Belanda selalu kalah di tiga laga Piala Eropa tahun ini dan menempati urutan buncit klasemen Grup B. Sementara Portugal lolos ke perempatfinal sebagai runner-up di bawah Jerman.
(dtc/mfi) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment