RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Wednesday, June 20, 2012

Buruknya Belanda, Kejutan Yunani dan Jerman yang Sempurna

Buruknya Belanda, Kejutan Yunani dan Jerman yang Sempurna

Jakarta - Kemenangan Inggris dan Swedia menuntaskan seluruh laga fase grup Euro 2012. Drama dan gol-gol hebat tersaji, dengan tersingkirnya Belanda, lolosnya Yunani dan sempurnanya Jerman jadi tajuk utama.

Total sudah 24 pertandingan selesai digelar di Piala Eropa 2012. Catatan positif dari seluruh pertandingan tersebut adalah tidak adanya pertandingan yang tuntas dengan skor imbang tanpa gol. Itu artinya selalu ada gol tercipta di setiap laga.

Ada 60 gol yang berhasil dilesakkan, dengan Grup B menjadi penyumbang terbanyak yakni 16 gol. Sementara Grup C dan D sama-sama menghasilkan 15 gol dan 14 gol lainnya dari Grup A. Rusia vs Yunani (4-1), Denmark vs Portugal (2-3) dan Swedia vs Inggris (2-3) menjadi pertandingan dengan jumlah gol terbanyak.

Selain parade gol-gol tersebut, beberapa di antaranya tercipta dengan indah. Di antaranya adalah voli Mario Balotelli ke gawang Republik Irlandia, gol pertama Mario Gomez ke gawang Belanda, gol penyeimbang Polandia atas Rusia yang dibuat Jakub Blaszczykowski serta tendangan spektakuler Zlatan Ibrahimovic ke gawang Prancis.

Dari seluruh pertandingan tersebut, delapan tim sudah mengantongi tiket ke babak delapan besar. Mereka adalah Republik Ceko, Yunani, Jerman, Portugal, Spanyol, Italia dan Inggris serta Prancis.

Dari Grup A, cerita paling menarik adalah sukses Yunani mengalahkan Rusia di pertandingan terakhir. Andrey Arshavin cs yang cuma butuh hasil imbang di laga tersebut kecolongan oleh gol Giorgos Karagounis di penghujung babak pertama.

Jadilah anak didik Dick Advocaat terdepak, setelah tampil mengesankan di pertandingan pertama dengan mengandaskan Republik Ceko 4-1. Sementara Petr Cech dkk malah jadi juara grup, dengan enam poin didapat.

Kejutan lain tercipta di Grup B, yang disebut-sebut grup nerakan, dengan Belanda terkubur di sini. Finalis Piala Dunia 2010 itu gagal memenangi satu pun pertandingan. Robin van Persie cs tersingkir dengan poin nol, berada di dasar klasemen dan selisih gol minus tiga.

Di Grup B ini Jerman tampil sempurna. Diawali kemenangan atas Portugal, Mesut Oezil dkk kemudian menundukkan Belanda dan menghempaskan Denmark.

Tak ada kejutan terjadi di Grup C menyusul lolosnya Spanyol dan Italia. Setelah hasil imbang dengan Italia di pertandingan pertama, La Furia Roja melenggang ke babak delapan besar dengan memetik kemenangan atas Republik Irlandia dan Kroasia.

Dari Grup D, Prancis mungkin akan menyesali kekalahan 0-2 yang diderita atas Swedia dinihari tadi. Dengan Inggris menang 1-0 atas Ukraina, The Three Lions berhak atas puncak klasemen. Sementara Prancis jadi runner up dan akan menghadapi Spanyol di babak delapan besar.

Hasil Pertandingan Fase Grup Piala Eropa 2012

Grup A
Polandia vs Yunani 1-1
Rusia vs vs Republik Ceko 4-1

Yunani vs Republik Ceko 1-2
Polandia vs Rusia 1-1

Republik Ceko vs Polandia 1-0
Yunani vs Rusia 1-0

Grup B
Belanda vs Denmark 0-1
Jerman vs Portugal 1-0

Denmark vs Portugal 2-3
Belanda vs Jerman 1-2

Portugal vs Belanda 2-1
Denmark vs Jerman 1-2

Grup C
Spanyol vs Italia 1-1
Republik Irlandia vs Kroasia 1-3

Italia vs Kroasia 1-1
Spanyol vs Republik Irlandia 1-0

Kroasia vs Spanyol 0-1
Italia vs Republik Irlandia 1-0

Grup D
Prancis vs Inggris 1-1
Ukraina vs Swedia 2-1

Ukraina vs Prancis 0-2
Swedia vs Inggris 2-3

Inggris vs Ukraina 1-0
Swedia vs Prancia 2-0
(dtc/din) Sumber: detiksport

No comments:

Post a Comment