RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Saturday, July 27, 2013

Tips Mudik Aman Dengan Sepeda Motor Ala Cakrawala Kuansing




Dalam kesempatan ini saya akan memberikan tips aman untuk anda yang mudik dengan menggunakan sepeda motor, meski banyak peringatan pemerintah yang melarang mudik menggunakan sepeda motor nyatanya masih saja tetap banyak masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor, oleh sebab itu saya ingin memberikan tips agar anda aman dan selamat dalam berkendara dengan menggunakan sepeda motor sampai ke tujuan anda.

Saya juga adalah orang yang sering melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor dan saya rasa tips tips ini akan berguna bagi anda yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, nah apa apa saja tips aman mudik dengan sepeda motor ?

Berikut Tips Aman Mudik Dengan Sepeda Motor Ala Cakrawala Kuansing:

1. Periksa Keadaan Motor Anda

Memeriksa keadaan motor adalah hal yang penting dan wajib anda lakukan sebelum melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor agar anda aman dan selamat tanpa hambatan di perjalanan hingga sampai ke tujuan.

- Periksa Rem

Memeriksa rem motor anda adalah hal yang wajib dilakukan, rem yang tidak berfungsi baik dapat menyebabkan kecelakaan di perjalanan, oleh sebab itu kondisi rem yang prima sangat wajib anda utamakan sebelum melakukan perjalanan.

- Periksa Kondisi Ban Motor Anda

Kemudian periksa lah ban motor anda, melakukan perjalanan jauh sangat diwajibkan memeriksa ban motor anda, jika tidak anda bisa saja mengalami masalah seperti ban bocor atau pun slip di jalan karena hujan.

Hal yang harus diperiksa adalah kondisi ban itu sendiri, jika ragi ban sudah botak atau sudah mulai habis alangkah baiknya anda mengganti ban luar anda tersebut agar aman, alangkah lebih aman jika anda menggunakan ban TUBLES.

- Servis Motor Anda Sebelum Melakukan Perjalanan

Kemudian yang harus dilakukan adalah menservis motor anda, anda bisa menservis ke bengkel terdekat sebelum melakukan perjalanan, hal hal yang harus diperhatikan adalah oli, dan servis karburator dan juga busi motor.

- Lengkapi atribut Motor Anda

Melengkapi atribut atau aksesoris asli motor juga menentukan keselamatan anda dalam melakukan perjalanan, diantaranya plat nomor, kaca spion, lampu depan dan belakang, lampu sain, dan pastikan atribut tersebut masih berfungsi dengan baik.


2. Jangan Terlalu Membawa Banyak Barang

Jika kendaraan anda sudah baik dan dalam kondisi prima seperti yang telah dijelaskan di nomor 1 maka hal yang harus anda perhatikan adalah jangan membawa barang terlalu banyak, kenapa ? karena membawa barang yang banyak akan menyulitkan pengemudi mengemudikan motornya dan juga bisa mengurangi keseimbangan, oleh sebab itu jangan membawa barang terlalu banyak, bawalah secukup nya.

3. Jangan Lupa Surat Motor Anda

Selanjutnya surat menyurat dari motor anda, biasanya menjelang lebaran akan banyak polisi yang mengatur lalu lintas d jalan oleh sebab itu untuk jaga jaga anda sebaiknya jangan lupa membawa STNK, BPKB, Dan SIM.

4. Jangan Ngebut

Mudik menjelang lebaran identik dengan keramaian di jalan raya, oleh sebab itu anda harus menerapkan pepatah lama biar lambat asal selamat, apa lagi anda mudik bersama keluarga, kesalamatan keluarga adalah prioritas utama anda,.

5. Pastkan Anda Mengerti Rute Perjalanan Anda

Mengetahui rute perjalanan anda adalah hal yang penting, misalnya jalan yang rusak, tempat istirahat selama perjalanan, SPBU jika bensin mulai habis, tentu jika anda mengetahuinya akan memudahkan anda melakukan perjalanan mudik tanpa hambatan yang berarti.


Saya rasa demikian tips aman mudik dengan sepeda motor yang bisa saya berikan, semoga kita yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing masing bisa selamat sampai tujuan, akhir kata saya ucapkan terima kasih.


No comments:

Post a Comment