RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Monday, July 29, 2013

Apakah Mimpi Basah Membatalkan Puasa?

Mimpi basah bangun lewat Subuh, bolehkah berpuasa?

Nah dalam kesempatan ini saya akan berbagi tentang masalah mimpi basah, sebagai laki laki normal tentu kita pernah merasakan fenomena mimpi basah tersebut minimal 1x sebulan, pada dasar nya mimpi basah ini akan terjadi pada laki laki yang telah beranjak dewasa, namun bagaimanakah jika mimpi basah terjadi di bulan ramadhan ? atau pada siang ramadhan? atau ketika telah masuk waktu imsak? disini kita akan jelaskan.

Semua umat muslim di Bulan ramadhan kita diwajibkan berpuasa bagi yang beriman, sementara yang membatalkan puasa adalah makan dan minum dan berhubungan badan pada siang hari (ramadhan), namun kita juga dituntut untuk menjaga hawa nafsu kita di bulan ramadhan, seperti berzina, marah, kriminal, dll.

Nah namun kita tentu pernah bertanya tanya apakah mimpi basah membatalkan puasa ?

Sebagai contoh anda tidur siang di bulan ramadhan namun saat terbangun tanpa disadari anda mimpi basah atau mengeluarkan mani saat tidur tersebut, jadi bagaimana hukum nya ? apakah membatalkan puasa kita atau tidak ?

Nah jawabannya sangat singkat dan mudah dimengerti.

Dalah hadits rasulullah mengatakan ada 3 perkara seseorang diampuni dosanya, yang pertama adalah orang gila sampai dia sadar, yang kedua anak kecil sampai di berakal, dan yang ketiga orang tidur sampai ia bangun.

Berdasarkan hadits rasulullah diatas sudah sangat jelas mengatakan jika orang yang mimpi basah baik mimpi basah siang hari atau pun malam hari itu akan diampuni dosa nya (tidak membatalkan puasa) namun harus segera mandi ketika ia bangun, sehingga tubuh kembali bersih saat menjalan kan puasa di bulan ramadhan.

Oleh sebab itu hendaknya jangan lagi ada yang membatalkan puasa hanya karena hal hal sepele seperti mimpi basah ini, karena banyak yang kita temui di kehidupan sehari hari teman teman dan kerabat kita yang membatalkan puasa hanya karena masalah mimpi basah ini, memang hal hal sepele semacam ini harus disebar luaskan agar menambah wawasan umat muslim lainnya khususnya pria.

Saya kira cukup demikian semoga saja ada manfaat nya bagi kita semua. terima kasih..


1 comment:

  1. infonya bermanfaat
    hukum mimpi basah tidak batal walaupun puasa
    terima kasih ya

    ReplyDelete