RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Monday, July 22, 2013

Indonesia Bisa Lolos Piala Dunia Dengan Cara Ini



Lolos ke piala dunia adalah salah satu kebanggan tersendiri bagi suatu negara atau bangsa yang mampu melakukannya, tidak saja kebanggan, namun lolos ke piala dunia adalah salah satu gengsi dan harga diri bangsa, maksudnya lolos ke piala dunia bisa menjadikan gengsi dan harga diri bangsa naik karena lebih dikenal dunia dan dihargai dunia karena berprestasi.

Tidak itu saja lolos ke piala dunia bisa memberikan nilai tambah kepada suatu negara tersebut, apa nilai tambahnya? nilai tambah nya adalah promosi gratis, yah, dengan lolos ke piala dunia dan disaksikan oleh umat seluruh dunia akan menjadikan secara otomatis promosi bangsa gratis.

Nah ini bisa dimanfaatkan oleh indonesia jika lolos ke piala dunia, pertanyaan kita mampukah indonesia lolos ke piala dunia? jawabanya tidak !

Lantas bagaimana caranya indonesia lolos ke piala dunia ?

Cara alterbatif agar indonesia lolos ke piala dunia menurut saya adalah bergabung nya indonesia ke zona OCEANIA, ide dan gagasan ini sudah dikemukakan oleh mantan direktur pembinaan pemain muda pssi Timo Scheunemann beberapa waktu lalu, namun respon masyarakat sangat banyak ada yang pro dan ada yang kontra.

Bukan orang indonesia namanya jika tidak gengsi, bangsa bodoh yang dijajah 3.5 abad oleh belanda ini memang benar benar mampu menamamkan nilai nilai belanda pada diri mereka, Belanda benar benar berhasil menanamkan sifat nya kepada orang indonesia sampai saat ini, salah satu nya adalah sifat GENGSI.

Kenapa saya membawa belanda dan sifat gengsi dalam tulisan ini, karena gagasan yang dikemukan Timo Scheunemann banyak menuai kontra dari masyarakat indonesa, mereka mengatakan, oceania tidak kompetitif, indonesia bodoh jika gabung oceania karena australia saja gabung asia, kemudian ada yang mengatakan indonesia bangsa penakut jika gabung oceania, tak jantan lah, apa lah, sangat banyak respon masyarakat yang menolak gagasan itu.

Padahal masyarakat yang cerdas harus bisa melihat dari sisi positif nya, jangan melihat dari sisi negatif nya, karena di dalam sepak bola strategi dan taktik adalah penting, jadi menurut saya strategi indonesia lolos ke piala dunia adalah gabung ke oceania.

OHH benar gabung ke oceania belum menjamin indonesia lolos ke piala dunia namun peluang lolos ke piala dunia di zona oceania bisa mencapai 60% bahkan 70 % karena hanya 1 lawan yang lebih kuat dari indonesia yaitu New Zealand, dari rekor pertemuan indonesia dan new zealand pun cukup berimbang jadi kans lolos ke piala dunia jika indonesia gabung ke oceania sangat besar.

Sedangkan di asia indonesia bisa dikatakan mustahil, karena slot yang sedikit dan banyak negara di asia yang sama kuat dengan indonesia, indonesia bukanlah negara lemah di asia, namun banyak nya negara yang sama kuat dengan indonesia membuat peluang tersebut menjadi tipis dan bahkan mustahil.

Ada sekitar 47 negara di asia yang memperebutkan 3.5 slot piala dunia zona asia, dan ada 20 Negara asia yang sama kuat dengan indonesia saat ini, dan ada 20 negara yang di bawah indonesia saat ini dan ada 7 negara yang di atas level indonesia dinataranya; jepang, korea selatan, korea utara, irak, iran, uzbekistan, australia.

Nah sedangkan di level oceania hanya ada 11 negara dan hanya 1 negara yang diatas sedikit dari indonesia yaitu new zealand, berdasarkan rankink fifa terbaru (bulan juli 2013) indonesia berada di rank 5 wilayah oceania, Hanya kalah dari Selandia Baru (55), Kaledonia Baru (97), Tahiti (154) dan Kepulauan Solomon (162).

Jadi peluang lolos ke piala dunia jika indonesia gabung zona oceania sangat besar, dan bahkan dalam 2 piala dunia kedepan indonesia bisa lolos jika gabung oceania dengan catatan ada pembinaan yang benar benar serius jika ingin lolos.

Tapi jika di asia saya rasa masih sangat mustahil, kita kalah sama negara negara maju seperti korea, jepang dan australia, apalagi negara negara arab sedang dalam geliat sepakbola yang semakin baik, sedangkan indonesia ? masih jauh.

Dan jika indonesia masih di benua asia saya bisa jamin dalam 30 tahun kedepan indonesia masih belum mampu lolos ke piala dunia, dan bahkan bisa lebih, mungkin sampai 50 tahun kedepan, atau sampai generasi kita mati, kita masih belum bisa melihat indonesia di piala dunia. alhamdulillah ya.

tapi jika gabung oceania inysa allah dalam 10 tahun kedepan atau 2x piala dunia optimis indonesia lolos, jadi sekarang apakah kita setuju atau kita menolak, itu kembali kepada sikap kita masing masing, masih mempertahankan gengsi atau memilih strategi perang yang berpotensi.

Itu menurut saya, bagaimana menurut anda ?





No comments:

Post a Comment