RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Wednesday, July 31, 2013

Pacu Jalur DI Tepian Narosa Teluk Kuantan Tanggal 22-25 Agustus 2013



Seperti biasanya pacu jalur di tepian narosa teluk kuantan akan kembali digelar, selain pesta budaya rakyat kabupaten kuantan singingi, pacu jalur juga dilaksanakan untuk memperingati hari kemerdekaan republik indonesia.

Pacu jalur ini rutin digelar setiap tahunnya untuk memperingati kemerdekaan indonesia dan sebagai pesta budaya kabupaten kuantan singingi, pacu jalur ini juga masuk sebagai kalender pariwisata RI, dan menjadi budaya satu satunya di dunia.

Pacu jalur adalah budaya yang sangat besar di kabupaten kauntan singingi telah ada sejak berabad abad yang lalu, dan sampai saat ini masih dilestarikan sebagai warisan nenek moyang yang tak ternilai harganya, tentu pacu jalur 2013 ini akan menjadi pusat keramaian di kabupaten kuantan singingi.

Pacu jalur di tepian narosa adalah pacu jalur nasional, atau bisa dibilang pacu jalur final, yang mana selain hadiah yang sangat besar, pacu jalur di teluk kuantan adalah pacu jalur puncak di kabupaten kuantan singingi, karena sebelum diadakan di kota teluk kuantan biasanya pacu jalur digelar di kecamatan kecamatan.

Pacu jalur di tepian narosa setiap tahunnya diikuti tidak kurang dari 150 buah jalur dari berbagai daerah, mulai dari kabupaten kuansing dan luar kuansing, biasanya pacu jalur kuansing juga diikuti oleh kabupaten dan kota di riau seperti INHU, INHIL, DUMAI, PEKANBARU dan masih banyak lagi.

Biasaya daerah lain akan mengutus wakil nya untuk berpatisipasi di pacu jalur teluk kuantan minimal satu buah jalur, seperti biasa daerah yang paling banyak mengirimkan wakilnya di ajang nasional ini adalah kabupaten INHU atau indragiri hulu, INHU dikenal memiliki banyak jalur laju sebut saja PANDAI BAIDURI, PULAU BETUAH, GARUDA PUTIH, dan masih banyak lagi jalur dari rengat yang punya nama di kancah pacu jalur kuantan singingi.

Nah buat yang ingin menyaksikan pacu jalur teluk kuantan 2013 jangan lupa tanggal 22 s/d 25 agustus 2013 di tepian narosa kota teluk kuantan.


No comments:

Post a Comment